Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
Kalender Tanam

Video Inovasi

Video Lainnya

Waktu Banten

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday242
mod_vvisit_counterYesterday497
mod_vvisit_counterThis week1147
mod_vvisit_counterLast week3323
mod_vvisit_counterThis month739
mod_vvisit_counterLast month13066
mod_vvisit_counterAll days327189
Cara Gampang Budidaya Aren PDF Cetak E-mail
Oleh Kardiyono   
Rabu, 22 Juni 2011 00:00

Berita Koran "SINAR TANI" Edisi Khusus Penas XIII, 20 Juni 2011

Aren (Arenga pinata Merr) merupakan komoditas unggulan Provinsi Banten yang memiliki peran penting baik dalam aspek ekologis meupun ekonomi. seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai jual.
Provinsi Banten memiliki luas areal sekitar 1.348 ha yang tersebar di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Masalahnya, tanaman aren belum dikelola dan dibudidayakan secara optimal, populasinya sangat rendah (5-10 pohon/ha), hasil olahan gula aren masih tertumpu pada gula cetak dengan mutu sangat bervariasi. Oleh karena itu BPTP Banten melakukan pengkajian terhadap sisten budidayanya.


Pembibitan

Teknologi pembibitan tanaman aren meliputi seleksi buah aren dari tanaman unggul, pelunakan kulit aren dengan diperam, penguapasn kulit, persemaian biji, dan penanaman pada polybag. Pembibitan aren membutuhkan waktu sekitar 1 tahun dan kemudian tanaman siap untuk dipindahkan ke lapangan.


Hasil pengkajian pembibitan

Menunjukkan bahwa teknologi pembibitan aren telah diterapkan gapoktan mandiri, desa barunai kecamatan cihara kabupaetn lebak. kegiatan pembibitan telah membuka pemikiran petani dalam usaha tani aren yang bersifat tradisional ke arah lebih maju. Melalui pembibitan populasi tanaman aren per Ha mengalami peningkatan dari 10 - 15 pohon diarhakan menjaadi 50 -100m pohon. Dengan demikian kedapan akan terjadi peningkatan produksi gula dan efisiensi tenaga kerja dalam penyadapan.


Pasca Panen dan Pengolahan

Pengawetan nira dengan menggunakan asap cair neruapakan alternatif guna penyediaan pengawet alami untukmenggantikan akar kawao, kulit manggis yang jumlahnya semakin terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asap cair memiliki kemampuan sebagai pengawet yang cukup prospektif terlihat dari mutu nira dapat dipertahankan selama penyadapan. Mutu nira yang dihasilkan dalam penyadapan berkaitan erat dengan mutu gula yang dihasilkan.
Pengkajian pengolahan menjadi gula semut murni juga dengan menambahkan bahan yang bermanfaat bagi kesehatan jahe sehingga dihasilkan gula jahe aren. Hasil produk pengolahan gula dari Gapoktan Mandiri telah di promosikan berbagai even pameran baik lokal di Provinsi Banten maupun di Jakarta (Jakarta Convention Centre) dalam rangka membuka pasar dan jalinan usaha kemitraan.
Respon pengunjung sangat tinggi terhadap inovasi teknologi hasil pengolahan gula aren dengan indikator meningkatnya pesanan kebutuhan pada mitra yang dilakukan melalui kerjasama dengan Gapoktan.
LAST_UPDATED2
 

Success Story

Joomla Templates by JoomlaVision.com