Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
Kalender Tanam

Video Inovasi

Video Lainnya

Waktu Banten

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday401
mod_vvisit_counterYesterday445
mod_vvisit_counterThis week2847
mod_vvisit_counterLast week3069
mod_vvisit_counterThis month12182
mod_vvisit_counterLast month11160
mod_vvisit_counterAll days325566


BPTP Banten Hadiri Kunker Mentan RI Musnahkan Daging Babi Hutan Ilegal di Banten PDF Cetak E-mail
Oleh Asep Wahyu   
Rabu, 16 Juli 2014 16:34

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten yang diwakili Kepala Seksi Kerjasama Dan Pelayanan Pengkajian (KSPP), Zuraida Yursak dengan didampingi pemburu berita website, Asep Wahyu pada Rabu 16 Juli 2014 menghadiri kunjungan kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Suswono dalam rangka pemusnahan 7,4 ton daging babi hutan ilegal hasil 2 kali tangkapan dan sitaan selama bulan Juli 2014 oleh Balai Karantina Kelas II Cilegon, Banten.

Laporan penyelenggara disampaikan oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Kementan RI, ibu Banun diikuti sambutan Walikota Cilegon yang diwakili Wakil Walikota, Edi Ariadi  serta sambutan Plt Gubernur Banten yang diwakili Asda II Bidang Pembangunan Dan Kesra, Widodo Hadi.

Sambutan utama disampaikan oleh Menteri Pertanian dengan dihadiri sekitar 100 orang hadirin antara lain dari : Pemerintah Daerah Provinsi Banten, Pemerintah Daerah Tk II Kota Cilegon, Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, Dinas Peternakan Dan Keswan Provinsi Banten, Badan Penyuluhan Dan Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten, Balai Karantina Kelas II Cilegon, Majelis Ulama Indonesia Kota Cilegon, Jajaran Kepolisian Daerah Provinsi Banten, Kota Cilegon dan Kecamatan Pulo Ampel, Komunitas Kepelabuhanan, insan media dan para undangan lain.

Menteri Pertanian dalam sambutannya manyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada jajaran Balai Karantina Kelas II Cilegon serta jajaran Kepolisian yang telah berhasil menggagalkan usaha penyelundupan dan menyita daging babi hutan ilegal dari pelabuhan resmi Merak dan pelabuhan rakyat Bojonegara. Dikatakan bahwa usaha penyelundupan daging babi hutan ilegal merupakan usaha berulang dengan menggunakan sistem mata rantai tertutup, dimana saat dilakukan penangkapan di lapangan maka pemasok utamanya tidak bisa diketahui apalagi ditangkap. Daging babi ilegal sangat tidak layak dikonsumsi, selain karena penanganan yang tidak higienis juga bertentangan dengan keyakinan mayoritas masyarakat yang umumnya muslim. Untuk itu dalam rangka memberi rasa nyaman terhadap penyediaan pangan yang aman bagi masyarakat, maka jajaran Kementan RI bekerjasama dengan jajaran Kepolisian akan tetap melakukan pengawasan.

Pemusnahan daging babi hutan ilegal di Banten dengan dipimpim Mentan dilakukan dengan cara membakar menggunakan mesin incenerator berupa tungku bakar dengan kapasitas besar. Pesan Mentan dalam akhir jumpa persnya bahwa masyarakat tidak perlu terlalu takut membeli dan mengkonsumsi daging yang halal, apalagi bila sudah punya pedagang langganan yang selama ini bisa dipercaya kejujurannya.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Success Story

Joomla Templates by JoomlaVision.com